Coretcoretantugas's Blog
achmad fauzi (oziie olobon) blog

Mengapa Orang Berbohong?

Mengapa Orang Berbohong?
Jawabanya bermacam – macam dengan berbagai alasan.
saya akan menjelelaskan sebagian kecil penyebab kenapa orang itu berbohong.
1. ORANG BERBOHONG KARENA MERASA TERANCAM.
Seseorang berbohong karna merasa terancam kalo mengatakan hal yg benar. well, yang saya maksud terancam di sini bukan berarti terancam mau dibunuh dan sejenisnya ya.๐Ÿ˜€ biasanya kan kita defensif buat menghadapi kebenaran. kalo kita bisa menciptakan budaya, kebiasaan, lingkungan yg bisa membuat orang merasa nyaman untuk menyatakan hal yang benar, sekecil apa pun itu, dalam lingkup yang bagaimanapun, orang tidak perlu berbohong kan.
contoh kecil aja, biasanya anak sekolahan itu suka berbohong kalau nilai salah satu ujian nya jeblok (jelek). Misalnya saja orang tua itu menciptakan situasi kalau kesalahan itu bisa diterima dan bisa diperbaiki bersama, Tentu si anak juga tak perlu berbohong. Namun nyatanya, kebanyakan orang tua malah menyerang habis – habisan jika melihat nilai anaknya ada yang jeblok (jelek). Seolah – olah kekurangan manusia itu tidak normal saja.๐Ÿ™‚ ya wajar kalau akhirnya si anak lebih memilih buat berbohong “kecil-kecilan” daripada “habis” diserang orang tuanya.

2. ORANG BERBOHONG KARENA TIDAK PERCAYA DIRI.
sebelum saya menjelaskan, sepertinya saya harus mengakui kalau menulis blog dengan kata – kata formal/baku itu agak susah. Jadi lebih baik saya tulis dengan bahasa saya sendiri, harap dimaklumi. hehe๐Ÿ˜€
Orang bo’ong itu juga bisa disebabkan karna gak PD (percaya diri). mungkin sesorang itu malu dengan kondisi dirinya dari fisik, pribadi ataupun materi yang kurang memuaskan (kurang cantik/ganteng dari segi fisik) haha. ya sebenernya itu gak bagus untuk dilakukan, karna seolah – olah kita gak mensyukuri apa yang telah diberikan oleh tuhan kepada kita. Masih banyak orang yang jauh lebih tidak beruntung di luar sana.
Contoh kecilnya itu, sekarang semua orang pasti punya FB (facebook) dong. Iya kan iya dong??.. dari anak kecil sampe yang udah pada tuwir (tua) pasti ada yang punya. nah kebanyakan kasus kebohongan di FB itu adalah FOTO PROFIL atau lebih populernya PP orang itu banyak yang palsu. Bisa pakai foto artis, atau foto orang yang cantik dan ganteng di “bajak” terus dipakai untuk profil si pelaku. hemm sedih melihatnya. beruntung kalau yang empunya foto aslinya gak tau, tapi kalo sampe ketawan terus yang punyanya esmosian terus dibawa ke meja hijau?. matilah kau.๐Ÿ˜€ terus alamat FB nya misalkan dia tulis tinggal di Pondok Indah, nyatanya dia tinggal di gang senggol. haduhh haduhh..

3. ORANG BERBOHONG KARENA MENUTUPI KEBOHONGAN SEBELUMNYA.
Ini dia, yang akan terjadi kalo kita suka ngebo’ong. hahaha
Biasanya orang tuh kalo udah sekali ngebo’ong pasti langsung addicted (gaya banget omongan gw pake english). Mungkin saat perdana melakukan kebohongan sih fine fine aja. tapi nanti ada saatnya kebohongan yang kita buat bakal dipertanyakan kembali oleh seseorang yang entah kita kira. Nah ini sama aja kaya membuat perangkap untuk diri sendiri namanya. Karena awalnya kita bohong, pasti jawabnya ga mungkin jujur dong, Jurus satu – satunya itu ya ngebohong lagi. hahaha
kalo udah begitu ya NAMBAH DOSA namanya. haha
membuat kebohongan lain untuk menutup kebohongan sebelumnya, ga ada abisnya.

4. ORANG BERBOHONG KARENA KEBIASAAN / KELAINAN JIWA.
Ya untuk yang satu ini sih saya ga tau apa apa. haha
kalo soal kebiasaan mah udah susah, mungkin seluruh hidupnya dijalanin dengan kebohongan kebohongan, siap-siap aja buat masuk neraka orang kaya ini mah. hahaha
kalo kelainan jiwa, yaa ….. ORANG GILA namanya.
ga usah dbahas itu mah. dosa atuh.๐Ÿ™‚

OKE, balik lagi kebahasa formal/baku. haha (gak konsisten)
KESIMPULANYA itu adalah Berbohong itu tidak baik, karena merugikan diri sendiri dan orang lain juga. Namun yang namanya manusia itu tidak lah sempurna, setiap orang pasti pernah berbohong sekecil apapun. iya kan?. hayoo ngaku?. entah itu dengan orang tua, sahabat, pacar, ataupun diri sendiri. Berbohong boleh saja, Tapi jangan sampai berkepanjangan atau yang saya bilang dia atas tadi “addicted” ok!.
Mungkin ada beberapa orang yang berpendapat kalau berbohong demi kebaikan itu tidak apa – apa. Saya sih tidak setuju. yang namanya berbohong itu tidak membawa kebaikan. Lebih baik jujur walaupun merugikan atau menyakitkan daripada ada sesuatu yang mengganjal di hati selamanya.

Ya, itu tadi diatas pendapat atau pandangan saya tentang mengapa orang bisa berbohong. jika ada seseorang yang kurang setuju ya silakan, toh pendapat orang kan berbeda beda. Maaf bila ada yang tersinggung ataupun marah tentang pendapat saya ini. Kalau marah berarti anda merasa seperti yang saya jelaskan diatas tentunya.

2 Responses to “Mengapa Orang Berbohong?”

  1. bagus banget mas …ijin share yach….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: